- Back to Home »
- Sistem Afterburner pada Pesawat
Awal mula dari Afterburner dimulai pada tahun 1953 pada tahun Tahun 1953, pilot AL AS james B. Verdin mengguji coba pertama kali mesin turbojet afterburning Westinghouse X140 –WE-8 pada pesawat Dauglas XF-4D-1 Skyray (kemudian menjadi F-6). Pesawat ini sebelumnya ditenagai mesin turbojet J-35-A-17 tanpa afterburner bergaya dorong 5000 pon. Hasilnya, dengan mesin bergaya baru bergaya dorong 11.600 pon ini, Skyray melaju 752,94 mil perjam pada jarak 3 kilometer diatas Laut Salton, California . hasi ini membukukan rekor dunia baru kecepatan penerbangan.
Afterburner digunakan pada pesawat tempur sebagai penambah gaya dorong yang memungkin pesawat menjadi lebih cepat sehingga lebih lincah pada saat diudara. dan juga agar pesawat cepat take-off atau lepas landas.
Kelemahannya adalah Afterburner memggunakan banyak bahan bakar sehingga penggunaan bahan bakar menjadi boros.
Untuk mengurangi pemborosan bahan bakar maka penggunaan Afterburner tidak selalu dipakai.
contoh - contoh pesawat yang menggunakan after burner
F-22 Raptor
F-18 Hornet