Posted by : Unknown Selasa, 02 Desember 2014

Pemeriksaan harian merupakan jadwal pemeriksaan terendah dan terdiri dari : pemeriksaan pra- penerbangan, pemeriksaan pasca-penerbangan, cek layanan (service check) dan pemeriksaan malam hari. Ini adalah pemeriksaan pada pesawat terhadap kerusakan yang tampak nyata dan suatu kondisi yang buruk secara umum serta sesuatu yang dapat menggangu keamanan pesawat udara. Hal ini juga sebagai tindakan koreksi atas segala kondisi yang dilaporkan di dalam buku laporan pesawat (aircraft log-book) yang dibuat oleh pilot atau flight engineer.

Pemeriksaan harian membutuhkan peralatan khusus dan alat-alat untuk memastikan sebuah pesawat tetap layak terbang. Biasanya pemeriksaan harian dilakukan setiap 24 atau 48 jam sesuai akumulasi waktu penerbangan. Beberapa item pemeriksaan harian termasuk :



Ø Indikator Tail skid shock –strut

Ø Level fluida (Fuel and oil)

Ø Keamanan secara umum dan kebersihan cabin pesawat udara

Ø Peralatan darurat ( emergency equipment )



Untuk memberikan pemahaman yang lebih detil dan luas kepada siswa mengenai inspeksi harian terhadap pesawat udara, penulis memberikan contoh item-item inspeksi harian yang diterapkan oleh perusahaan jasa penerbangan.



Item-item inspeksi harian dibawah ini diambil dari ketentuan Civil Aviation Regulation (CAR) Schedule 5, yang isinya adalah :

1. Periksa bahwa saklar pengapian (ignition switch) posisi off, pengontrol campuran bahan bakar posisi minimal atau off , tuas (throttle) posisi menutup (close) dan pemilih saluran bahan bakar (fuel selector) posisi “on” .

2. Periksa bahwa baling-baling bebas dari kondisi : retak, bengkok dan torehan yang membahayakan, pastikan spinner baling-baling aman dan bebas dari retak, pastikan tidak ada kebocoran oli atau gemuk (grease) dari hub baling-baling atau actuating silinder dan pastikan hub baling-baling saat dilihat , tidak memiliki bukti segala kerusakan yang akan menghambat operasi yang aman.

3. Periksa bahwa sistem induksi dan semua inlet udara pendingin bebas dari gangguan.

4. Periksa bahwa mesin, saat dilihat, tidak memiliki kebocoran bahan bakar atau minyak dan sistem pembuangan dalam keadaan aman dan bebas dari keretakan.

5. Periksa bahwa kuantitas minyak berada dalam batas-batas yang ditentukan oleh produsen untuk operasi yang aman dan pastikan tutup pengisi minyak, dipstick dan panel inspeksi dalam keadaan aman.

6. Periksa bahwa penutup mesin (engine cowling) dan flap dalam kondisi aman.

7. Periksa bahwa ban roda pendarat bebas dari luka atau kerusakan lainnya, tidak memiliki lapisan yang terbuka dan, dengan inspeksi visual, pengisian tekanan udara sesuai.

8. Periksa bahwa oli untuk landing gear extension masih ada dalam batas normal dan yakinkan pintu roda pendarat dalam keadaan aman.

9. Periksa bahwa permukaan sayap dan badan pesawat bebas dari kerusakan dan pastikan panel inspeksi, bidang-bidang kendali/kontrol terbang dan perangkat kontrol terbang dalam keadaan aman.

10.Periksa bahwa struts utama dan bagian-bagian strut penyangga bebas dari kerusakan dan

pastikan kabel-kabel penguat ketegangannya sesuai.

11.Periksa bahwa kepala pitot dan lubang tekanan statis ( static ports) bebas dari hambatan

dan pastikan penutup pitot dilepas atau bebas untuk beroperasi.

12. Periksa bahwa tutup pengisian tangki bahan bakar, rantai, ventilasi dan panel akses

terkait dalam keadaan aman dan bebas dari kerusakan.

13. Periksa bahwa permukaan bidang empennage bebas dari kerusakan ,dan bidang control ,

kabel kontrol , batang kendali (control rods), terlihat aman.





14. Periksa bahwa permukaan stabilizer bebas dari kerusakan dan bahwa bidang kontrol,

kabel kontrol dan batang kendali, di mana terlihat, aman.

15. Periksa bahwa pengendali terbang (flight control), sistem trim dan perangkat penambah

lift beroperasi di ground dengan pergerakan penuh dan bebas dalam arti pergerakannya

benar.

16. Periksa bahwa radio dan antena dalam kondisi aman serta unit radio dan interwiring

aman.

17. Periksa bahwa lubang pembuangan bebas dari penghalang/obstruksi.

18 .Periksa bahwa tidak ada salju atau es pada sayap, permukaan ekor, stabilizer, baling-

baling atau kaca.

19. Periksa bahwa tangki dan filter bahan bakar bebas dari masalah air dan benda asing

dengan mengalirkan sejumlah bahan bakar ke dalam wadah transparan yang bersih.

20. Periksa kaca depan bersih dan bebas dari kerusakan.

21. Periksa bahwa instrumen bebas dari kerusakan, dapat dibaca dan kondisi aman.

22. Periksa bahwa sabuk pengaman (seat belt), gesper (buckles) dan gulungan inersia(inertia

reel) bebas dari kerusakan, aman dan berfungsi dengan benar.





Item-item pemeriksaan tersebut di atas dapat disusun dalam suatu table checklist oleh perusahaan jasa perawatan pesawat udara, untuk mempermudah mekanik atau teksnisi dalam melakukan inspeksi dan perawatan pesawat udara tersebut. Format untuk table daily inspection setiap perusahaan mungkin berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan, situasi dan kondisi dari masing-masing perusahaan.

{ 2 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © My simple blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -