Posted by : Unknown Selasa, 02 Desember 2014

Diantara jarak dan rute penerbangan kadang-kadang pesawat udara harus melakukan singgah atau transit kesuatu pelabuhan udara, baik karena hal itu kewajiban yang dilakukan sesuai rute terbang yang harus dilalui (flight waypoint), atau karena alasan tertentu sehingga harus singgah.Selama waktu singgah kurang lebih 40-45 menit, pesawat harus mengalami pemeriksaan yang disebut transit check. Hal-hal yang harus dilakukan teknisi atau mekanik selama pelaksanaan transit check antara lain :
1.      Inspeksi berjalan mengelilingi sekitar pesawat (walk around inspection) untuk mengecek kerusakan yang nampak secara visual.
2.      Servicing yang diperlukan , antara lain : fuel servicing, oil servicing, oksigen servicing dsb.
3.      Koreksi terhadap perbedaan atau keganjilan terhadap pesawat, misalnya: konstruksi badan, sayap, stabilizer, control surface  , engine nacelle dll.
4.      Melaksanakan tugas-tugas operasional lainnya yang ditetapkan untuk pemeriksaan sebuah pesawat udara saat melakukan transit.

Personil di ground atau line maintenance harus berkualitas atau kompeten sehingga dapat melakukan pra-penerbangan walk-around visual pesawat dengan baik sesuai standar yang ditetapkan, dan para awak pesawat melengkapi checklist pra-penerbangan di cockpit dan cabin pesawat. Kerja sama yang baik antar teknisi dan awak kabin pesawat udara tersebut sangat dibutuhkan, karena tindakan pencegahan ini akan membantu memastikan kelaikan pesawat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My simple blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -