Posted by : Unknown Senin, 01 Desember 2014

Katup pengarah hidrolis adalah sebuah katup yang memiliki fungsi utama yaitu mengarahkan aliran tekanan fluida menuju saluran yang ditentukan.

Adapun tugas dari katup pengarah ini adalah mengendalikan arah kerja dari silinder penggerak (actuating cylinder), jika gerakannya bolak-balik (reciprocating movement) dan mengendalikan arah kerja dari motor hidrolis (hydraulic motor), jika gerakannya berputar (rotary movement).

Untuk melakukan tugas tersebut katup pengarah mengarah fluida hidrolis bertekanan ke-silinder penggerak atau motor hidrolis dan mengembalikan fluida ke-tangki fluida (reservoir). Jadi katup pengarah bias dikatan sebagai simpang jalan pada system hidrolis, karena fluida hidrolis mengalir ked an dari silinder penggerak atau motor hidrolis yang terhubung.





Katup pengarah dapat dipasang pada cockpit dekat dengan tempat duduk pilot dan pada bagian lain pada pesawat udara dan diperlukan alat penghubung (remote control) yang dapat dilakukan dengan system kabel penggerak dan system listrik.

Macam – macam katup pengarah

Ada 2 macam katup pengarah yaitu:
1. Poros tertutup (Close Centre)
Katup pengarah jenis Poros tertutup adalah suatu jenis aliran kontrol katup yang digunakan untuk mengarahkan fludia hidrolis bertekanan ke aktuator, dan pada saat yang sama, mengarahkan cairan kembali dari sisi lain dari actuator ke reservoir. Katup pengarah Closed-centre terhubung secara paralel antara pipa menuju actuator dan pipa kembali menuju reservoir. Katup pengarah close centre mempunya 3 jenis yaitu:
1) Tipe Rotor
          Katup pengarah tipe rotor terdiri dari sebuah rumah katup denga 4 buah lubang di pisahkan 90° dengan lubang yang lainnya fungsi dari keempat lubang ini adalah sebagai berikut:
a. Lubang 1, dihubungkan ke pipa system
b. Lubang 2, dihubungkan dengan ke pipa balik (return line)
c. Lubang 3, dibungkan dengan bagian atas silinder penggerak atau actuator
d. Lubang 4, dihubungkan dengan bagian bawah silinder penggerak atau actuator

          Pada rumah katup terdapat sebuah rotor yang dilengkapi dengan hadle katup berfungsi sebagai pemutra rotor keposisi tertentu yaitu posisi menuju Sistem menuju actuator atau Actuator menuju reservoir. Selain posisi tadi ada juga posisi netral pada posisi ini tidak ada fluida yang mengalir dan dari katup pengarah.
2) Tipe Piston

          Katup pengarah tipe piston terdiri dari 6 komponen yaitu Lubang katup kesistem, Lubang katup kepipa balik, 2 Lubang katup menuju silinder penggerak (Actuator), piston geser dan hadle katup.
          Komponen diatas pada katup pengarah tipe piston terdapat rumah katup yang yang masing masing mempunya tugas yaitu:
- Lubang yang dihubungkan kesistem
- Lubang yang dihubungkan ke pipa balik
- 2 Lubang yang dihubungkan ke silinder penggerak
- Piston geser, Saluran yang berlubang dan memanjang
- Handle katu, merupakan perpanjangan dari piston geser
Prinsip kerja
Katup mula – mula memiliki posisi yang netral lubang – lubang yang tersambung pada silinder penggerak tertutup. Fluida bertekanan masuk dari lubang yang terhbung oleh system tetapi hanya sampai dalam katup saja, maka silinder penggerak tidak aktif. Ini adalah tujuannya menempatkan katup pengarah pada posisi netral.
Dari posisi netral hadle penggerak piston geser bergerak dan membuka salah satu katup yang terbung dengan silinder penggerak. Untuk mengalirkan fluida yang ada pada katup dari sistem maka silinder penggerak kembali bergerak kearah sebaliknya untuk membuka katup silinder yang lainnya. Dan katup yang sebelumnya mengalirkan fluida menuju pipa kembali (return line).


3) Tipe Poppet

          Katup tipe poppet terdiri dari rumah katup yang dilengkapi dengan:
- Lubang kepipa sistem
- Lubang kepipa balik
- 2 Lubang ke silinder penggerak
- Poros hubungan (camshaft) digunakan untuk membuka 4 poppet
- 4 buah Poppet
- Pegas – pegas ulir yang dipasang pada tiap – tiap poppet.
- Handle katup


Katup pengarah open centre
         
          Katup pengarah jenis ini digunakan pada bagian landing gear dan flap sayap, dengan komponen yang hamper mirip dengan jenis close centre terdiri dari rumah katup yang dilengkapi oleh:
- Lubang katup kepipa bertekanan sistem
- Lubang katup kepipa balik
- 2 Lubang katup yang tersambung dengan silinder penggerak
- Piston geser
- 2 buah katup pengarah
- 2 buah metering pin
- mekanismas cam yang dihubungkan dengan piston geser, terdiri dari roller, tuas dan pegas ulir. Rolloer dirancang untuk menahan piston geser pada posisi aktif dan pada posisi netral

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My simple blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -