- Back to Home »
- Katup Pengarah pada Sistem Hidrolis
Posted by : Unknown
Senin, 01 Desember 2014
Katup pengarah hidrolis adalah sebuah katup yang memiliki fungsi utama
yaitu mengarahkan aliran tekanan fluida menuju saluran yang ditentukan.
Adapun tugas dari katup pengarah ini adalah
mengendalikan arah kerja dari silinder penggerak (actuating cylinder), jika
gerakannya bolak-balik (reciprocating movement) dan mengendalikan arah kerja
dari motor hidrolis (hydraulic motor), jika gerakannya berputar (rotary
movement).
Untuk melakukan tugas tersebut katup pengarah mengarah
fluida hidrolis bertekanan ke-silinder penggerak atau motor hidrolis dan
mengembalikan fluida ke-tangki fluida (reservoir). Jadi katup pengarah bias
dikatan sebagai simpang jalan pada system hidrolis, karena fluida hidrolis
mengalir ked an dari silinder penggerak atau motor hidrolis yang terhubung.
Katup pengarah dapat dipasang pada cockpit dekat
dengan tempat duduk pilot dan pada bagian lain pada pesawat udara dan
diperlukan alat penghubung (remote control) yang dapat dilakukan dengan system
kabel penggerak dan system listrik.
Macam –
macam katup pengarah
Ada 2 macam katup pengarah yaitu:
1. Poros tertutup (Close Centre)
Katup pengarah jenis Poros tertutup adalah suatu
jenis aliran kontrol katup yang digunakan untuk mengarahkan fludia hidrolis bertekanan
ke aktuator, dan pada saat yang sama, mengarahkan cairan kembali dari sisi lain
dari actuator ke reservoir. Katup pengarah Closed-centre terhubung secara
paralel antara pipa menuju actuator dan pipa kembali menuju reservoir. Katup
pengarah close centre mempunya 3 jenis yaitu:
1) Tipe Rotor
Katup pengarah tipe
rotor terdiri dari sebuah rumah katup denga 4 buah lubang di pisahkan 90°
dengan lubang yang lainnya fungsi dari keempat lubang ini adalah sebagai
berikut:
a. Lubang 1, dihubungkan ke pipa system
b. Lubang 2, dihubungkan dengan ke pipa balik (return line)
c. Lubang 3, dibungkan dengan bagian atas silinder penggerak atau
actuator
d. Lubang 4, dihubungkan dengan bagian bawah silinder penggerak atau
actuator
Pada rumah katup
terdapat sebuah rotor yang dilengkapi dengan hadle katup berfungsi sebagai
pemutra rotor keposisi tertentu yaitu posisi menuju Sistem menuju actuator atau
Actuator menuju reservoir. Selain posisi tadi ada juga posisi netral pada
posisi ini tidak ada fluida yang mengalir dan dari katup pengarah.
2) Tipe Piston
Katup pengarah tipe
piston terdiri dari 6 komponen yaitu Lubang katup kesistem, Lubang katup kepipa
balik, 2 Lubang katup menuju silinder penggerak (Actuator), piston geser dan
hadle katup.
Komponen diatas pada katup
pengarah tipe piston terdapat rumah katup yang yang masing masing mempunya
tugas yaitu:
- Lubang yang dihubungkan kesistem
- Lubang yang dihubungkan ke pipa balik
- 2 Lubang yang dihubungkan ke silinder penggerak
- Piston geser, Saluran yang berlubang dan memanjang
- Handle katu, merupakan perpanjangan dari piston geser
Prinsip kerja
Katup mula – mula memiliki posisi yang netral
lubang – lubang yang tersambung pada silinder penggerak tertutup. Fluida
bertekanan masuk dari lubang yang terhbung oleh system tetapi hanya sampai
dalam katup saja, maka silinder penggerak tidak aktif. Ini adalah tujuannya
menempatkan katup pengarah pada posisi netral.
Dari posisi netral hadle penggerak piston geser
bergerak dan membuka salah satu katup yang terbung dengan silinder penggerak.
Untuk mengalirkan fluida yang ada pada katup dari sistem maka silinder
penggerak kembali bergerak kearah sebaliknya untuk membuka katup silinder yang
lainnya. Dan katup yang sebelumnya mengalirkan fluida menuju pipa kembali
(return line).
3) Tipe Poppet
Katup tipe poppet terdiri
dari rumah katup yang dilengkapi dengan:
- Lubang kepipa sistem
- Lubang kepipa balik
- 2 Lubang ke silinder penggerak
- Poros hubungan (camshaft) digunakan untuk membuka 4 poppet
- 4 buah Poppet
- Pegas – pegas ulir yang dipasang pada tiap – tiap poppet.
- Handle katup
Katup pengarah open centre
Katup pengarah jenis
ini digunakan pada bagian landing gear dan flap sayap, dengan komponen yang
hamper mirip dengan jenis close centre terdiri dari rumah katup yang dilengkapi
oleh:
- Lubang katup kepipa bertekanan sistem
- Lubang katup kepipa balik
- 2 Lubang katup yang tersambung dengan silinder penggerak
- Piston geser
- 2 buah katup pengarah
- 2 buah metering pin
- mekanismas cam yang dihubungkan dengan piston geser, terdiri dari
roller, tuas dan pegas ulir. Rolloer dirancang untuk menahan piston geser pada
posisi aktif dan pada posisi netral