Posted by : Unknown Sabtu, 29 November 2014


 AIRCRAFT STABILIZER 

            Bidang-bidang untuk menstabilkan sebuah pesawat udara terdiri dari bidang airfoil vertical dan bidang airfoil horizontal , yang keduanya disebut vertical stabilizer  atau FIN dan horizontal stabilizer.
Dibidang vertical stabilizer dipasang bidang control yang disebut rudder, dan dibidang horizontal stabilizer dipasang bidang control yang disebut elevator.
            Untuk keperluan inspeksi dan perawatan , bagian ekor pesawat tersebut dikelompokkan dalam satu unit yang disebut empennage.
            Fungsi utama dari bidang stabilizer adalah untuk menjaga pesawat udara agar selalu dalam kondisi terbang lurus dan mendatar ( straight and level flight ).
Vertical stabilizer menjaga stabilitas pesawat udara dengan tumpuan sumbu vertical (vertical axis), yaitu untuk mempertahankan stabilitas arah (directional stability). Vertical stabilizer sebagai bidang tempat pemasangan rudder.
            Horizontal stabilizer menjaga stabilitas pesawat udara dengan tumpuan sumbu lateral ( lateral axis ) yaitu untuk mempertahankan longitudinal stability. Horizontal stabilizer sebagai bidang tempat pemasangan elevator.


   EMPENAGE

            Empenage disebut juga tail section , sebagian besar pesawat udara dirancang terdiri dari: ekor bentuk kerucut (tail cone), bidang tidak bergerak (fixed surfaces) dan bidang yang bergerak (movable surfaces).
            Tail cone sebagai penutup bagian ujung belakang fuselage , yang strukturnya dibuat sama seperti fuselage dengan bentuk kerucut.


            Yang dimaksud fixed surfaces adalah horizontal dan vertical stabilizer. Dan yang dimaksud movable surfaces adalah rudder dan elevator. Vertical dan horizontal stabilizer konstruksinya terdiri dari ; spars, ribs, stringer dan skin sama seperti pada sayap (wing). Tegangan yang terjadi di empennage juga sama seperti yang dialami di sayap seperti bending, torsion, dan shear.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My simple blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -