Posted by : Unknown Sabtu, 29 November 2014

ENGINE NACELLES / PYLON



Nacelle disebut juga pod atau pylon adalah tempat pemasangan sekaligus rumah dari engine pesawat udara. Bentuk nacelle tersebut harus streamline terhadap udara, bisa berbentuk bulat atau lonjong (round or spherical ). Nacelle atau pod untuk jenis pesawat multi engine dipasang dibagian atas (above) , di bawah (below) atau pada leading edge sayap.Sedangkan untuk pesawat dengan single engine nacelles/pylon dipasang dibagian depan fuselage dan bentuknya harus streamline mengikuti bentuk fuselage, karena bentuk nacelle tersebut menjadi bentuk perpanjangan fuselage.

Engine nacelles /pylon/pod konstruksinya terdiri dari :

- Skin

- Cowling

- Structural member

- Fire wall

- Engine mount

Skin dan cowling merupakan penutup (cover) bagian luar nacelle.Keduanya biasanya dibuat dari bahan : lembaran alumunium paduan ( aluminum alloy), stainless steel, magnesium atau titanium . Pemasangan skin terhadap rangkanya dilakukan dengan cara di rivet.

Structural member (kerangka ) dari nacelles sama seperti fuselage terdiri dari : longerons , stringers , bulkheads , rings , former.

Dalam nacelle dipasang firewall (dinding api) sebagai pemisah antara engine compartment dengan dinding pembatas ruang dalam pesawat ( contoh fuel tank dalam wing,ruang cockpit dsb). Bulkhead dalam nacelle biasanya dibuat dari lembaran stainless steel, atau titanium.

Sebuah nacelle untuk mesin turbin gas memiliki saluran masuk di ujung hulu dari nacelle dan saluran pembuangan di ujung hilir dari nacelle tersebut. Saluran pemasukan (intake) memiliki, bibir intake dan diffuser. Diffuser memiliki bagian diffuser utama dan bagian diffuser dinding lurus pendek opsional. Bagian diffuser utama dibatasi oleh dinding bagian dalam nacelle, dinding dalam yang melengkung mengarahkan aliran udara dari mesin. Pada setiap bagian longitudinal (membujur) mengandung sumbu mesin, di ujung hilir dari bagian dinding dalam diffuser utama memiliki non nol kelengkungan. Dengan demikian setiap posisi melingkar pada dinding bagian dalam di ujung hilir dari bagian diffuser utama memiliki kelengkungan yang didefinisikan oleh radius kelengkungan masing-masing. Namun, satu atau lebih dari jari-jari kelengkungan berbeda dari jari-jari kelengkungan lainnya.


Bagian nacelle yang lainnya adalah engine mount ( tempat menggantung/memasang engine ). Gantungan engine tersebut dipasangkan pada firewall , dan engine dipasangkan pada engine mount diikat oleh nuts, bolt dan karet peredam getaran ( vibration absorbing rubber atau pads ).

Engine mount secara umum dibuat dari pipa chromium steel atau molybdenum steel yang dilas , dan chromium/nickel/molybdenum yang ditempa yang digunakan untuk sambungan-sambungan tegangan tinggi.

Cowling merupakan penutup (cover) engine , accessory section ,engine mount dan firewall ,yang sifatnya bisa dibuka dan ditutup dengan mudah dan cepat, terutama dibutuhkan saat inspeksi dan engine servicing.

A Cowling for horizontally opposed engine
B “Orange-peel” cowling opened


C Side-mounted turbojet engine   cowling



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My simple blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -