- Back to Home »
- Konsep Umum Struktur Rangka Pesawat Udara
Posted by : Unknown
Sabtu, 29 November 2014
Jenis pesawat udara ditinjau dari cara menghasilkan gaya angkatnya ada
dua jenis yaitu jenis pesawat udara bersayap tetap ( fixed Wing aircraft ) dan
jenis pesawat udara bersayap putar ( rotary wing aircraft ). Struktur rangka
untuk pesawat udara bersayap tetap secara umum terdiri dari 5 unit /bagian
yaitu :
1)Fuselage , 2) Wings , 3)Stabilizer , 4)Flight Control Surface , 5)Landing
Gear.
Struktur rangka untuk pesawat udara bersayap putar secara umum terdiri
dari 4 unit / bagian , yaitu : 1)Fuselage , 2)Main rotor and related gearbox,
3)Tail rotor ,4)Landing Gear.
Komponen rangka pesawat disusun oleh beberapa
bagian komponen yang lebih kecil (parts) yang disebut structural members antara lain : stringers, longeron , ribs ,
bulkheads, dsb.
Komponen-komponen rangka pesawat udara dibuat dari beberapa
jenis material dan digabungkan antara satu komponen dengan komponen yang
lainnya dengan beberapa cara , antara lain menggunakan :
1. Rivets
2. Bolts
3. Screws
4. Welding
5. Adhesives
Rangka
pesawat udara ( aircraft structure ) dirancang untuk dapat menahan beban dan
berbagai tegangan yang terjadi . Prinsif rancangan struktur rangka pesawat
udara yang diterapkan adalah Fail Safe
Design Concept artinya konsep rancangan yang aman yang meminimalis terhadap
kegagalan, baik kegagalan fungsi maupun operasi. Konsep rancangan aman walaupun
ada kegagalan (fail-safe design concept) merupakan konsep dasar gagasan sistem
keselamatan yang mempelajari
dan mempertimbangkan efek
dari kegagalan dan kombinasi kegagalan dalam membuat desain
struktur pesawat udara yang aman. Konsep ini memiliki arti yang berbeda untuk struktur dari sistem “gagal-aman” yang
berkaitan dengan kekuatan sisa setelah mengalami kerusakan. Prinsip
“gagal-aman” untuk sistem berkaitan dengan implikasi fungsional dari kondisi kegagalan dan probabilitas terjadinya
kegagalan tersebut. Meskipun kedua konsep memiliki tujuan yang sama yaitu“desain-aman”namun pendekatan untuk mencapai tujuannya yang berbeda.
Secara umum, komponen-komponen struktural dari pesawat seperti badan pesawat dan sayap, dirancang sedemikian rupa sehingga "evaluasi kekuatan, detail desain, dan fabrikasi harus menunjukkan bahwa bencana kegagalan karena kelelahan, korosi, cacat manufaktur, atau kerusakan akibat kecelakaan , akan dihindari sepanjang hidup operasionalnya pesawat. Namun,ada
contoh kejadian setelah 1988 Aloha Airlines dengan
penerbangan 243 mengalami
kecelakaan, di mana 18 kaki dari kulit bagian atas cockpit
dan strukturnya terpisah dari badan pesawat, setelah terjadinya tekanan yang
lebih besar melebihi toleransi kerusakan
yang sudah dirancang. Evaluasi toleransi kerusakan struktur memastikan bahwa : kelelahan serius, korosi, atau kerusakan akibat kecelakaan ,
terjadi dalam tujuan layanan desain dari pesawat, struktur sisa harus
dapat menahan beban yang wajar tanpa kegagalan atau deformasi struktural yang berlebihan sampai kerusakan terdeteksi.
Konsep design “gagal-aman” untuk sistem memperlakukan kegagalan yang berbeda.
Kegagalan, sebagaimana didefinisikan dalam AC 25.1309-1A dan Society of Automotive
Engineers (SAE) ARP4761 adalah hilangnya fungsi atau kerusakan sistem, dan
berbeda dari modus kegagalan, yang merupakan cara terjadinya kegagalan dalam
item . Intinya adalah pada pemahaman makna fungsional dari sistem pesawat,
menentukan risiko terhadap keselamatan penerbangan terkait dengan kondisi
kegagalan, dan menggunakan distribusi probabilitas untuk menentukan frekuensi
terjadinya kondisi kegagalan dan dampaknya pada fungsi sistem secara keseluruhan.
Tujuan dari konsep desain “gagal-aman”untuk sistem adalah untuk memenuhi tujuan desain yang
tercantum dalam 14 CFR 25.1309 berikut:
"Sistem pesawat dan komponen yang terkait, dianggap secara terpisah dan dalam hubungannya dengan sistem lain, harus dirancang agar terjadinya kondisi kegagalan yang akan mencegah penerbangan yang aman terus dan pendaratan pesawat tersebut sangat tidak mungkin, dan terjadinya kegagalan lainnya yang kondisinya yang akan mengurangi kemampuan pesawat atau kemampuan kru untuk mengatasi kondisi operasi yang merugikan adalah tidak mungkin. "
"Sistem pesawat dan komponen yang terkait, dianggap secara terpisah dan dalam hubungannya dengan sistem lain, harus dirancang agar terjadinya kondisi kegagalan yang akan mencegah penerbangan yang aman terus dan pendaratan pesawat tersebut sangat tidak mungkin, dan terjadinya kegagalan lainnya yang kondisinya yang akan mengurangi kemampuan pesawat atau kemampuan kru untuk mengatasi kondisi operasi yang merugikan adalah tidak mungkin. "
Peraturan tersebut juga menetapkan
bahwa informasi peringatan tentang kondisi kegagalan diberikan kepada kru
sehingga mereka dapat mengambil tindakan koreksi yang tepat. Dua tujuan desain
ini memberikan dasar untuk praktik standar sertifikasi pesawat dan membangun
pendekatan yang akan digunakan untuk menentukan kepentingan relatif dan tingkat
keparahan dari kondisi kegagalan sistem.
permisi bisa bantu beri penjelasan tentang fail safe design ??
BalasHapusFail safe yaitu kondisi dimana apabila bagian tersebut mengalami kerusakan hanya menyebabkan bahaya yang minimal bahkan tidak akan membahayakan nyawa manusia dan pesawat . Mungkin itu penjelasan dari saya apa bila ada salah mohon maaf🙏🏻
Hapus