Posted by : Unknown Sabtu, 29 November 2014

Location numbering systems adalah sistem penomoran/pengukuran lokasi yang diukur dari referensi atau patokan tertentu dari bagian struktur pesawat.
            Location numbering system bermanfaat untuk membantu mekanik dalam mencari letak dan posisi suatu komponen pesawat udara untuk keperluan perawatan dan perbaikan.
 
Gbr. 9. Fuselage Station
 
  Location numbering system dibagi dalam beberapa metoda yaitu :
1.   Fuselage Station ( FS) adalah pengukuran dalam inchi (in) dari suatu referensi atau zero point yang disebut datum. Datum untuk fuselage station adalah bidang vertical imaginer pada hidung (nose) pesawat udara sebagai titik nol. Fuselage station disebut juga body station (BS).
2.   Buttock line atau Butt line ( BL), cara pengukuran kearah lebar , ke kiri atau ke kanan dengan acuan garis tengah vertical (vertical center line ) dari badan pesawat udara.



3.   Water line (WL) adalah pengukuran kearah tinggi secara tegak lurus dengan acuan bidang horizontal dibawah pesawat udara.
4.   Aileron Station (AS) adalah pengukuran kearah luar (outboard) dari dan parallel terhadap sisi dalam (inboard) aileron dan tegak lurus terhadap rear beam/spar dari sayap.

5.   Flap Station (FS) adalah pengukuran secara tegak lurus terhadap rear beam sayap dan parallel terhadap outboard flap, diukur  dari sisi inboard flap tersebut.

6.   Nacelle Station (NS) adalah pengukuran kearah depan atau samping dari spar depan sayap (front spar) , tegak lurus terhadap water line.                  

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My simple blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -