Posted by : Unknown Senin, 01 Desember 2014

™Propelling Nozzle


Sebuah nozzle mendorong mengkonversi turbin gas atau generator gas ke mesin jet. Energi yang tersedia di buang turbin gas diubah menjadi kecepatan tinggi mendorong jet oleh nozzle. Mesin turbofan mungkin memiliki nozzle yg menggerakkan tambahan dan terpisah yang menghasilkan kecepatan tinggi mendorong jet dari energi di udara yang telah melewati kipas angin. Selain itu, nozzle membantu untuk menentukan bagaimana generator gas dan kipas beroperasi sebagai bertindak sebagai pembatas hilir.


Mendorong nozel mempercepat gas yang tersedia untuk subsonic, sonik, atau kecepatan supersonik tergantung pada pengaturan kekuatan mesin, bentuk internal mereka dan tekanan saat masuk ke, dan keluar dari, nozzle. Bentuk intern mungkin konvergen atau konvergen divergen-(CD). Nozel CD dapat mempercepat jet untuk kecepatan supersonik dalam bagian divergen, sedangkan nozzle konvergen tidak dapat mempercepat jet melebihi kecepatan sonik.

Mendorong nozel mungkin memiliki geometri tetap, atau mereka mungkin memiliki geometri variabel untuk memberikan area keluar yang berbeda untuk mengendalikan operasi mesin ketika dilengkapi dengan afterburner atau sistem pemanas ulang. Ketika afterburning mesin dilengkapi dengan nozzle CD daerah tenggorokan adalah variabel. Nozel untuk kecepatan penerbangan supersonik, di mana rasio tekanan nozzle tinggi dihasilkan, juga memiliki daerah variabel bagian yang berbeda.

Prinsip kerja

™nozzle A beroperasi dengan menggunakan bagian tersempit nya, atau 'tenggorokan', untuk meningkatkan tekanan di dalam mesin oleh konstriksi aliran udara, biasanya sampai aliran tersedak, kemudian memperluas aliran gas buang, atau dekat, tekanan atmosfer, sementara membentuk menjadi jet kecepatan tinggi untuk menggerakkan kendaraan. Peran nozzle dalam konstriksi, atau back-menekan, mesin dijelaskan dalam bagian "Tujuan lain dari nozzle yg menggerakkan".

Energi untuk mempercepat sungai berasal dari suhu dan tekanan gas. Gas mengembang secara adiabatic dengan kerugian rendah dan efisiensi maka tinggi. Gas dipercepat untuk kecepatan keluar akhir yang tergantung pada tekanan dan suhu pada masuk ke nosel, tekanan ambient knalpot untuk, dan efisiensi ekspansi.Efisiensi adalah ukuran dari kerugian akibat gesekan, perbedaan non-aksial serta kebocoran pada nozel CD.


mesin Airbreathing buat maju dorong pada badan pesawat dengan menyampaikan momentum ke belakang bersih ke udara dengan memproduksi jet gas buang yang memiliki kecepatan yang melebihi pesawat. Jet mungkin atau mungkin tidak sepenuhnya diperluas seperti yang dijelaskan dalam bagian "Alasan untuk CD nozzle underexpansion dan contoh".

™Pada beberapa mesin yang dilengkapi dengan afterburner area saluran juga bervariasi selama non-afterburning atau kondisi dorong kering. Biasanya nozzle terbuka penuh untuk memulai dan saat idle. Ini kemudian dapat menutup sebagai tuas dorong maju mencapai luas minimum sebelum atau pada pengaturan dorong kering Militer atau max. Dua contoh kontrol ini adalah General Electric J-79 dan Tumansky RD-22 di MIG-29 Alasan untuk berbagai area saluran dijelaskan dalam bagian "kontrol daerah Nozzle selama operasi kering."

Bentuk - bentuk nozzle

™nozzle konvergen

™Nozzle konvergen digunakan pada banyak mesin jet. Jika rasio tekanan nozzle berada di atas nilai kritis (sekitar 1,8: 1) nozzle konvergen akan tersedak, sehingga beberapa ekspansi ke tekanan atmosfer yang terjadi hilir tenggorokan (area aliran yaitu terkecil), setelah jet. Meskipun momentum jet masih menghasilkan banyak dorong kotor, ketidakseimbangan antara tenggorokan tekanan statis dan tekanan atmosfer masih menghasilkan beberapa (tekanan) dorong. 

™nozzle divergen 

 Kecepatan supersonik udara mengalir ke scramjet memungkinkan penggunaan nozzle divergen sederhana.

Jenis - jenis nozzle

Nozzle daerah tetap

Afterburning non mesin subsonic memiliki nozel dari ukuran yang tetap karena perubahan performa mesin dengan ketinggian dan kecepatan pesawat subsonik dapat diterima dengan nozzle tetap. Hal ini tidak terjadi pada kecepatan supersonik seperti yang dijelaskan untuk Concorde dalam bagian "kontrol daerah Nozzle selama operasi kering".

™nozzle afterburner

™Afterburner pada pesawat tempur memerlukan nozzle yang lebih besar untuk mencegah merugikan mempengaruhi operasi mesin. Iris luas beragamnozzle terdiri dari serangkaian bergerak, tumpang tindih kelopak dengan nozzle penampang hampir bundar dan konvergen untuk mengendalikan operasi mesin. Jika pesawat ini terbang dengan kecepatan supersonik, nosel afterburner dapat diikuti oleh nozzle yang berbeda yang terpisah dalam konfigurasi nozzle ejector, seperti di bawah ini, atau geometri divergen dapat digabungkan dengan nozzle afterburner dalam geometri variabel konfigurasi nozzle con-di , seperti di bawah ini.

Afterburner awal yang baik hidup atau mati dan menggunakan clamshell 2-posisi, atau kelopak mata, nozzle yang memberikan hanya satu area yang tersedia untuk digunakan afterburning



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My simple blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -